Tips Agar Kopling Motor Tidak Terasa Berat

Posted by Hello Word on Thursday, July 14, 2011

Mengendarai motor memang memberikan sensasi yang berbeda ketimbang mobil. Di sini kemampuan menyetir memang sangat diandalkan. Apalagi jika sedang nyelap-nyelip di antara kemacetan lalu lintas.

Walaupun demikian, mengendarai motor bukan berarti tidak ada kendala apa pun. Para pengendara dari beberapa jenis motor ”lelaki” banyak yang terkilir tangan kirinya. Sebabnya apalagi kalau bukan kopling sepeda motornya terlalu keras jika ditarik. Kalau sudah begitu, apa yang harus dilakukan agar kopling sepeda motor terasa ringan dan nyaman?

Ada trik yang bisa dilakukan untuk memperingan kopling, yaitu dengan menambahkan sebuah alat kecil yang dinamakan tul.

Alat ini harganya cukup terjangkau. Nantinya setut tuas kopling terletak di gir boks kanan. Dengan setut ini tuas asli bertambah panjang, sehingga bebannya menjadi lebih ringan.

Kalau sudah dingin, kendurkan kopling di bak mesin kanan dengan menggunakan kunci pas 14. Lepaskan penahan kopling. Selipkan pengenteng kopling ke tuas setut kopling. Kemudian tekan plat penjepit peringan dengan menggunakan tang.

Setelah itu baru pasang bautnya dan rapatkan dengan kunci pas dan ring 8. Selipkan lagi penahan kawat kopling, kemudian setel ulang kopling.

Kalau Anda sudah melakukan langkah-langkah ini, niscaya kopling menjadi lebih enteng.
Artikel Terkait
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Tips Agar Kopling Motor Tidak Terasa Berat ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://arisfourtofour.blogspot.com/2011/07/tips-agar-kopling-motor-tidak-terasa.html

Bookmark and Share