Menyebarkan Dan Memasarkan Blog

Posted by Hello Word on Friday, November 25, 2011

Ada banyak cara untuk memasarkan blog. Dua di antaranya adalah dengan menyebarkannya ke mailing list dan memanfaatkan site feed.

1. MENGIRIMKAN NASKAH BLOG KE MAILING LIST 
    Naskah-naskah yang kita tulis di blog dapat secara otomatis langsung dikirim ke alamat e-mail tertentu  setelah kita meng-updatenya. Feature ini cukup bermanfaat kalau kita ingin memberitahu teman, kolega, atu keluarga lewat e-mail bahwa blog kita sudah ter-update. Hanya saja feature ini cuma bisa mengirimkan naskah blog ke satu alamat e-mail saja.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat mailing list untuk keperluan ini
  • Pastikan bahwa alamat e-mail yang kita pakai ketika membuat mailing list ini sama dengan alamat e-mail yang kita pakai ketika kita mendaftar di blogger.
  • Kalau mailing list ini hanya dipakai untuk menyebarkan informasi dari kita saja, bukan untuk berdiskusi, pilihlah opsi yang hanya memperbolehkan kita sebagai moderator atau pemiliknya untuk mengirimkan pesan.
Pada saat kita sudah punya mailing list sendiri, kita harus menentukan setting blog supaya setiap kali kita meng-update blog, maka semua anggota mailing list itu tahu perubahan dan penambahan naskah di blog kita.
  1. Masuklah ke bagian Settings, dengan mengklik tab Settings.
  2. Kliklah link bertuliskan Email.
  3. Pada lajur BlogSend address, masukkan alamat e-mail mailing list kita.
  4. Klik ikon Save settings.
2. SITE FEED: MEMASOK PIHAK LAIN DENGAN NASKAH KITA
    Cara paling gampang untuk menyebarluaskan isi blog kita adalah memnafaatkan fasilitas site feed yang disediakan oleh Blogger. Dengan teknologi XML (Extensible Markup Language), fasilitas site feed memungkinkan pihak lain menampilkan isi blog kita secara otomatis. Dengan site feed orang tidak perlu mengunjungi blog kita untuk membaca naskah-naskah karya kita. Para pembaca bisa menikmati naskah kita di situs web yang disediakan oleh pihak lain yang mendapat pasokan naskah kita, atau membacanya dari software khusus yang disebut agregator.

Mari kita lihat sebuah contoh. Cobalah akses http://cerpendunia.blogspot.com. Lihat isinya, dan bandingkan dengan http://www.sindikasi.com/fiksi/karmin-w/nail-dan-dua-anjing-hitam.html


Artikel Terkait
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Menyebarkan Dan Memasarkan Blog ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://arisfourtofour.blogspot.com/2011/11/menyebarkan-dan-memasarkan-blog.html

Bookmark and Share