Sekilas Tentang Blog

Posted by Hello Word on Friday, November 25, 2011

Blog kata yang tidak asing lagi buat hampir semua orang yang telah mengenal internet. Blog yang berasal dari kata web blog ini pada awalnya diciptakan hanya untuk menyimpan link-link web bacaan pribadi. Blog pada masa awal menggunakan bahasa mesin yang sangat susah untuk di mengerti orang,kecuali orang tersebut seorang programmer pada masa itu. Seiring dengan perkembangan zaman blog sudah tak dijadikan lagi sebatas menyimpan link-link bacaan, namun telah berkembang sebagi tempat pencurahan buah pikiran pemiliknya, yang cukup demokratis tanpa harus memperhatikan tatanan bahasa yang baku. Hingga pada akhirnya blog saat ini telah menjadi salah satu cara berkomunikasi didunia maya. Biasanya komunikasi ini akan berujung dengan pertemuan-pertemuan pemilik blog(blogger) di dunia nyata yang lebih dikenal dengan sebutan kopi darat (kopdar).

Hasil dari kopdar tersebut biasanya akan berujung pada pembentukan komunitas-komunitas. Komunitas ini biasanya melakukan aksi-aksi social di masyarakat.seperti komunitas blogger yang menamakan komunitas itu angin mamiri sangat sering melaksanakan aksi social.

Belakangan ini blog sudah menjadi kebutuhan oleh banyak orang , pada tahun 2007 yang lalu tecnorati mencatat ada 70 juta blog di seluruh dunia sedangkan menurut wicaksono(dalam Koran kompas) pemilik blog ndorokakung.com ada tak kurang dari 500.000 blog yang dibuat orang Indonesia dan membentuk 34 komunitas. Tingginya peminat blog ini disebabkan karena bebasnya sipemilik blog untuk m encurahkan isi pikiranya serta pandangan-pandangannya baik itu yang bersifat ilmu, politik, ekonomi, sosial dan budaya atau hanya sekedar pengalaman pribadi tanpa harus memperhatikan tatanan penulisan yang baku. Bahkan saat ini pers telah bekerjasama dengan para blogger. Sebab berita yang dituliskan para blogger biasanya langsung dari tempat kejadian dan dituliskan berdasarkan sudut pandang sipemilik blog. Seperti yang terakhir ini berita tentang serangan terorisme di India yang pertama sekali memberitakan bukan pers melainkan seorang blogger.

Melihat pentingnya ngeblog, yang dapat membangun budaya menulis tidak ada salahnya setiap orang memiliki blog. Jika tak sanggup bayar ada yang garatis kok, yakni di blogspot, wordpress dan masih banyak lainnya. Saya rasa budaya menulislah yang sangat kurang di Indonesia ini. Sebab sampai sekarang mencari sejarah tentang Indonesia bukan di Indonesia melainkan keluar negeri. Karena di Indonesia tidak ada berkas yang lengkap dan detail.
Artikel Terkait
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Sekilas Tentang Blog ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://arisfourtofour.blogspot.com/2011/11/sekilas-tentang-blog.html

Bookmark and Share