Tips Web Sosial Untuk Remaja

Posted by Hello Word on Wednesday, November 30, 2011

Jadilah dirimu sendiri. Jangan biarkan siapa pun menekanmu menjadi orang selain dirimu. Dan ketahuilah batas-batasmu. Kamu mungkin tahu banyak soal Internet, tapi orang dan hubungan senantiasa berubah, dan kejadian yang tak terduga bisa terjadi di Internet.

Bersikaplah ramah saat online.
Perlakukan orang lain seperti halnya perlakuan yang kamu harapkan dari orang lain. Orang yang tidak menyenangkan dan agresif saat online berisiko lebih besar mendapat penghinaan dan pelecehan. Jika ada orang yang kejam denganmu, cobalah jangan bereaksi, jangan membalas dendam, dan bicarakanlah dengan orang dewasa atau teman yang tepercaya. Gunakan alat privasi untuk memblokir orang yang bersikap kasar.

Pertimbangkan postinganmu. Berbagi foto yang provokatif atau rincian yang sangat akrab, bahkan dalam email pribadi, dapat menimbulkan masalah pada dirimu di kemudian hari. Orang yang sekarang kamu anggap teman dapat menggunakan info ini untuk melawan kamu jika mereka memutuskan pertemanan. Dan sekali pun ada fitur-fitur privasi, orang-orang dalam daftar Temanmu dapat menyalin dan menempel kontenmu di tempat lain.

Kata sandi bersifat pribadi. Jangan berikan kata sandimu kepada orang lain, bahkan kepada teman. Persahabatan dapat berubah, dan kamu tidak ingin ada orang lain menyamar jadi kamu. Pilihlah kata sandi yang dapat kamu ingat tapi tidak dapat ditebak orang lain. Satu trik: Buat kalimat seperti "Aku lulus dari SMU tahun 05" untuk kata sandi "AllsSMUt05."

Pahami yang “tersirat.”
Mungkin berteman atau berpacaran dengan orang baru itu menyenangkan. Tetapi sadarlah, sekali pun sebagian orang betul-betul bersikap baik, ada juga orang yang berbuat manis karena ada maksud untuk mendapatkan sesuatu. Pesan yang merayu atau memberi dukungan barangkali sebenarnya adalah manipulasi.

Jangan bicara soal seks dengan orang asing.
Berhati-hatilah ketika berkomunikasi dengan orang yang tidak kamu kenal secara langsung, terutama jika percakapan dimulai dengan perihal seks atau detail fisik. Jangan teruskan percakapan itu – kamu tentu tidak mau jadi target hidung belang. Jika pelaku bersikeras, hubungi polisi setempat.

Hindari kopi darat (bertemu langsung).
Satu-satunya cara seseorang dapat mencederai kamu secara fisik adalah jika kalian berdua berada di tempat yang sama, jadi - agar 100% aman - hindari bertemu langsung dengan mereka. Jika kamu benar-benar harus bertemu langsung dengan seseorang yang kamu “temui” secara online, jangan pergi sendirian. Lakukan pertemuan itu di tempat umum, beri tahu orang tua atau orang dewasa lain yang tepercaya, dan ajaklah teman bersamamu.

Gunakan ponsel dengan cerdas. Semua tips yang berlaku untuk komputer juga berlaku untuk ponsel. Berhati-hatilah memberikan nomormu pada orang lain dan menggunakan GPS maupun teknologi lainnya yang dapat menunjukkan lokasi fisikmu. Pertimbangkan juga untuk melindungi ponselmu dengan kata sandi.
Artikel Terkait
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Tips Web Sosial Untuk Remaja ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://arisfourtofour.blogspot.com/2011/11/tips-web-sosial-untuk-remaja.html

Bookmark and Share