Perlukah Mesin Mobil di Panaskan Sebelum Jalan ??

Posted by Hello Word on Thursday, July 14, 2011

Masih banyak orang yang beranggapan mesin mobil masih perlu dipanasin sebelum jalan, bener apa ngga ya anggapan tersebut..?
Manasin Mesin Dipagi Hari

Pada dasarnya iklim diindonesia adalah iklim tropis (panas) meskipun belakangan ini sering hujan dan kebanjiran, tapi tetap saja Indonesia berada di kawasan iklim tropis.Ada baiknya kita melakukan kegiatan rutin memanaskan mesin sebelum jalan.

Hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan pada oli yang masih berada dibawah untuk naik dan melumasi komponen mesin. Memang benar banyak pabrikan oli mengklaim bahwa oli mereka dapat dengan mudah menjangkau area yang butuh pelumasan dengan cepat tapi harga bisa nyekek leher, namun buat anda yang punya cukup budget mengandalkan oli harian yang pas dengan ukuran kantong anda, langkah memanaskan mesin sebelum jalan adalah jalan terbaik. Untuk menghindari keausan mesin. Berikut cara yang tepat untuk memanaskan mesin dipagi hari :

   1 Periksa kondisi air radiator tiap minggu
   2 Hidupkan mesin (kocok pedal gas 2-3kali buat mesin yang masih pake carburetor, atau tarik tuas cuk (choke)
    3Biarkan mesin menyala sampai temperature naik 1/3
    4Sambil nunggu temperature naik, dari pada bengong anda bisa cek kondisi ban sebelum berangkat. 5 Cukup dengan cara melihatnya dan beri sedikit tendangan pada ban untuk memastikan tekanan ban pas.

Bila sudah tercapai suhu ideal anda bisa berangkat melanjutkan aktifitas. Perlu dicatat juga mesin yang bekerja pada temperature ideal akan menghemat konsumsi bahan bakar bensin.
Artikel Terkait
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Perlukah Mesin Mobil di Panaskan Sebelum Jalan ?? ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://arisfourtofour.blogspot.com/2011/07/perlukah-mesin-mobil-di-panaskan.html

Bookmark and Share