Tips Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama

Posted by Hello Word on Thursday, July 14, 2011

Ban mobil merupakan unsur yang sangat penting bagi kenyamanan berkendara. Tanpa diimbangi ban mobil yang bagus, maka kegiatan berkendara akan sedikit terganggu, terutama dari segi kenyamanan. Oleh karena itu kali ini sobatpc.com akan sharing bagaimana cara merawat ban mobil agar tetap memberikan manfaat yang besar dalam kegiatan berkendara anda. Apa saja cara merawat ban mobil anda ? Berikut caranya .

    1.     Jangan menunggu hingga ban rusak. Biasakan untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil          anda, paling sedikit sekali sebulan dan terutama sebelum melakukan perjalanan jarak         jauh. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ban mudah panas karena     gesekan yang besar dengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan         keselamatan mengemudi.

    2   Anda harus hapal dengan tekanan yang proporsional dari ban mobil Anda. Ukuran     tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari     pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.
        Untuk pengukuran yang valid terhadap tekanan ban mobil Anda, periksalah ban saat     suhu mereka dingin. Jika mobil Anda habis menempuh perjalanan jauh, tunggulah kurang     lebih tiga jam.

   3    Lakukan pemeriksaan berkala, paling tidak sebulan sekali dan jagalah agar ukuran     tekanan ban mobil Anda selalu pada batasan yang proporsional. Sehingga mobil Anda     siap untuk digunakan, jika sewaktu-waktu Anda butuhkan.
        Uang koin bisa digunakan sebagai alat penunjuk bahwa ban mobil Anda telah gundul.     Letakkan uang koin di tapak ban mobil Anda. Jika Anda bisa melihat seluruh gambar     uang koin tersebut, maka saatnya bagi mobil Anda untuk ganti ban.

   4    Jagalah ban mobil Anda dari lobang di jalan. Sebab lobang yang terlalu besar tak     hanya bisa merusak ban mobil Anda, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau     balance dari ban mobil
        Buatlah jadwal. Pastikan Anda menukarkan ban mobil Anda antara yang di depan dengan     yang     di belakang tiap 6000 mil, agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan     mempertahankan masa pakai ban lebih lama.

   5    Jangan mengendarai mobil dengan ban yang tanpa penutup pentilnya. Mengemudikan mobil     dengan ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban     dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.

   6    Periksalah keseimbangan atau balance dari ban mobil Anda secara periodik, untuk     menghindari putaran ban yang tak stabil.

   7    Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda. Jika muatan melebihi kapasitas     maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa     sangat membahayakan.
Artikel Terkait
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Tips Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : https://arisfourtofour.blogspot.com/2011/07/tips-merawat-ban-mobil-agar-tahan-lama.html

Bookmark and Share