Tips dan Trik Atasi Kerontokan Rambut

Posted by Hello Word on Friday, August 12, 2011


Gangguan pada rambut ternyata tidak bisa dilepaskan dari nutrisi, perawatan dan kesehatan. Nutrisi yang berpengaruh yakni vitamin (A, B, C) serta mineral macam kalsium, zat besi biotin, folat dan seng. Sehari-hari zat-zat gizi itu terdapat pada sayuran hijau, bayam, wortel, mentimun, bunci, pepaya, nenas, yogurt atau kedelai.

Pada pria kelebihan hormon androgen (testosteron) juga meyebabkan kerontokan rambut. Beberapa tanaman dipercaya bisa mengatasi kerontokan rambut. Mulai dari bayam, urang aring dan lidah buaya. Bayam yang mudah tumbuh di halaman rumah ternyata mengandungkaliu, protein, lemak, fosfor, besi, vitamin A, B1 dan C. Selain digunakan untuk sebagai shampo, tanaman ini dipakai untuk mengatasi kerontokan rambut dari dalam. Jika bayam bisa diminum, tanaman lain dipakai dengan cara mengoleskannya di kulit kepala sambil dipijat-pijat. Tercatat ada kemiri, mangkokan, dan teh. Kemiri biasa digunakan sebagai tonik rambut. Biji kemiri mempunyai kandungan lemak yang tinggi (sekitar 60%), protein, sterol/terpen, gliserin, vitamin B1 dan asam lemak.

Herbal lain yang bisa digunakan untuk mencegah rambut rontok adalah mangkokan. Nama tumbuhan ini diambilkan dari daunnya yang seperti mangkuk. Yang diambil yaitu daun mangkokan tua yang masih segar, dicuci bersih dan digiling halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa sambil diaduk seperti bubur, lalu saring dan peras. Hasil perasan inilah yang dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat ringan. Biarkan sampai mengering, lalu rambut dicuci sampai bersih. Lakukan setiap hari.

Resep:

Ambil daun bayam 1/2 genggam, cuci bersih lalu digiling halus. Beri air masak 1/2 cangkir dan madu satu sendok makan, diperas dan disaring. Minumlah 3 kali sehari.
Artikel Terkait
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Tips dan Trik Atasi Kerontokan Rambut ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://arisfourtofour.blogspot.com/2011/08/tips-dan-trik-atasi-kerontokan-rambut.html

Bookmark and Share