Jenis Makanan Yang Baik & Sehat Untuk Jantung

Posted by Hello Word on Monday, November 28, 2011

  • Lemak Baik
Lemak tak jenuh seperti yang terdapat pada ikan dan minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kacang, minyak kanola. Menurut para ahli minyak-minyakan tersebut mengandung lemak baik yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Asalkan minyak nabati ini tidak dipakai untuk menggoreng tapi sebagai salad dressing atau untuk menumis yang tidak memerlukan panas yang tinggi. Walaupun lemak tak jenuh baik, tetap saja jangan dikonsumsi secara berlebihan karena kandungan kalorinya cukup tinggi.


 

  • Apel (malus sylvestris; malus domestica)
Buah berwarna merah, ada juga yang berwarna hijau ini pernah menjadi bahan penelitian R. Sable-Amplis dari Universitas Paul Sabatier, Toulouse, Perancis. Sable meminta sejumlah orang paruh baya yang sehat untuk makan dua buah apel setiap hari tanpa mengubah pola makan mereka. Sebulan kemudian, ketika kadar kolesterol mereka diperiksa kembali, 80% dari mereka kadar kolesterolnya turun sampai 30%.

Diperkirakan, kemampuan apel dalam membantu menurunkan kolesterol berkat kandungan pektin (serat larut) yang bersinergi dengan vitamin C yang juga terkandung dalam apel.



  • Ikan
Rendahnya jumlah penderita jantung koroner pada masyarakat eskimo dan Jepang menurut para ahli karena mereka sering makan ikan yang kaya akan asam omega 3. Asam lemak ini diyakini berkhasiat membantu menurunkan kolesterol. Menurut Lembaga Nasional Jantung dan Paru di US, 1 gr omega 3 mampu menurunkan kolesterol sebanyak 40%. Kalau begitu, anjuran para ahli untuk makan ikan minimal dua kali dalam seminggu itu baik kita ikuti mulai dari sekarang.


  • Bawang Putih (allium sativum L)
Dalam sebuah jurnal kedokteran disebutkan bahwa bawang putih memiliki sifat antioksidan  yang sangat kuat sehingga dapat mencegah oksidasi lemak yang menyebabkan naiknya kadar LDL. Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa yang dapat menghambat pembekuan atau pengentalan darah, penyebab serangan jantung.



  • Rumput Laut
Di pasaran, kita mengenal 2 macam rumput laut. Rumput laut berwarna putih yang sering dipakai untuk minuman dan rumput laut lembaran yang sering dimakan sebagai snack atau pembungkus roti (nori).

Penelitian Hartanta Sihombing, sarjana Institut Pertanian Bogor(IPB, 2003) pada tikus yang kadar kolesterolnya tinggi, ketika diberi rumput laut, kolesterol LDL dan trigliserinnya turun.


Artikel Terkait
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Jenis Makanan Yang Baik & Sehat Untuk Jantung ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://arisfourtofour.blogspot.com/2011/11/jenis-makanan-yang-baik-sehat-untuk.html

Bookmark and Share