Sel Surya Untuk Listrik Rumah Tangga

Posted by Hello Word on Wednesday, February 8, 2012

Teknologi
Aris Berbagi Info- Pembangkit listrik tenaga surya merupakan salah satu alternatif dalam menjawab krisis listrik dinegara kita ini. Sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang menggunakan sel surya bisa jadi lebih dinikmati karena dapat digunakan untuk keperluan apa saja dan dimana saja baik untuk perumahan,perkantoran, fasilitas umum dan lainnya.Selain persediaannya tanpa batas, tenaga surya nyaris tidak memiliki dampak buruk terhadap lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar yang lainnya.

Di negara-negara industri seperti Amerika, Jepang, dan beberapa negara di bagian eropa lainnya pemerintahnya telah menerapkan program untuk memanfaatkan listrik tenaga surya ini. Di negara berkembang lainnya seperti india, Mongol juga sedang menggesa dan mempromosikan pemakaian sumber energi dari tenaga surya ini.

Sel surya diproduksi dari bahan semi konduktor, yaitu silicon yang berperan sebagai insulator pada temperatur rendah dan sebagai konduktor bila ada energi dan panas. 

Prinsip kerja dari sel surya ini sangatlah sederhana, dimana sinar matahari yang mengenai sel surya akan mengubah cahaya menjadi energi listrik.Namun pada hal penggunannya sel surya sekarang tidak hany untuk menghasilkan energi tapi juga dengan menjadikan module sebagai bagian dari atap bangunan.

Jadi, penggunaan energi matahari dengan menggunakan sel surya sebagai usaha untuk mengganti atau mengatasi masalah kebutuhan energi pada masa kini dan yang akan datang adalah suatu langkah yang tepat, namun untuk pelaksanaan penggunaannya pada listrik rumah tangga masih banyak tahap aplikatif yang harus dikembangkan, hal ini masih tampak dengan masih jarangnya penggunaan sistem ini dalam masyarakat kita. Untuk itu perkembangan teknologi ini dalam pemanfaatan dan pengolahannya terus dikembangkan dan merupakan suatu tantangan yang harus kita hadapi.


Artikel Terkait
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Sel Surya Untuk Listrik Rumah Tangga ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://arisfourtofour.blogspot.com/2012/02/sel-surya-untuk-listrik-rumah-tangga.html

Bookmark and Share